Cara memilih Kartu Undangan

cetak undanganUndangan pernikahan adalah salah satu bagian terpenting dalam acara pernikahan. Isi Undangan memuat informasi tentang kapan dan dimana dilaksanakannya acara pernikahannya. Di dalam kartu undangan juga dapat menginformasikan kepada tamu tentang Model acara pernikahan (Formal atau kausal), format pernikahan ( tradisional atau konteporer), tempat pernikahan (di rumah, di gedung, di taman, di hotel atau di tempat ibadah) dan juga tujuan acara pernikahan (untuk umum atau hanya keluarga terdekat) dan hal detailnya seperti gaya pakaian, skema warna dll. Semua itu dapat tertulis dalam kartu undangan pernikahan.

Oleh karena itu model undangan pernikahan sangat bervariasi dari harga yang paling murah sampai harga yang sangat pantasis. Harga undangan pernikahan ditentukan oleh beberapa hal diantaranya : jenis kertas, alat printing yang digunakan, berapa lembar kertas yang digunakan, jumlah lipatan kertas dan bagaimana cara melipatnya, dan berapa banyak lembaran sisipan yang terdapat dalam kartu undangan.

Untungnya, dengan bantuan internet, Kita dapat menulusuri harga undangan, kualitas kertas, cara mencetaknya, cara finisingnya dan cara menyampaikanya. Sebelum menetukan kartu undangan, alangkah baiknya kita mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya agar kartu undangan sesuai dengan tema acara pernikahan dan anggaran yang tersedia. Langkah-langkah mudah untuk membantu membuat kartu undangan pernikahan :

  • Menghitung jumlah undangan. Meskipun tamu undangan tidak semuanya mesti diberi kartu undangan (ada kalanya undangan pakai BBM, SMS, media social bahkan dibeberapa daerah hanya pakai sebatang rokok) tapi tetap harus dihitung secara kasar berapa orang yang harus diberi kartu undangan. Pada umumnya semakin besar level acaranya maka akan semakin banyak juga jumlah kartu undangan yang akan disebar.
  • Buat Anggaran . Sebuah perkiraan yang baik untuk anggaran pernikahan adalah sekitar 3 % dari total anggaran pernikahan. Jika angaran pernikahan mencapai Rp. 100.000.000, maka yang dapat dibatasi untuk anggaran kartu undangan sekitar Rp. 3000.000. Tapi ada kalanya kita dapat mengatur model kartu undangan berdasarkan status social. Kalau untuk kalangan tertertentu model kartu undangannya dibedakan dengan kalangan tertentu
  • Luangkan waktu untuk mengamati beberapa jenis kartu undangan, kira-kira yang mana yang akan cocok dengan tema pernikahan dan anggaran yang tersedia. Kita dapat memesan contoh kartu undangan satu atau dua buah dan membandingkanya dengan yang lain. Dan tentunya harus dirembukkan dulu dengan pasangan dan keluarga. Itu akan lebih baik agar mendapatkan kartu undangan yang sesuai dengan harapan serta sesuai dengan anggaran biaya yang tersedia.
  • Ambil 3 bulan. Jeda 3 bulan untuk mulai pemesanan adalah waktu yang longgar. Dengan cara ini kita akan memilliki cukup banyak waktu memeriksa setingan. Karena setingan ini akan memakan waktu untuk koreksi. Karena pernikahan adalah acara keluarga dua belah pihak, maka akan muncul berbagai ide dari beberapa anggota keluarga, dan itu akan membutuhkan waktu untuk mencapai kesepakatan. Jeda 3 bulan juga akan memeberikan waktu untuk proses percetakan dan finising, semakin memiliki kelonggaran waktu maka akan memberikan peluang untuk mengoreksinya. Waktu terlalu mepet akan memungkinkan tidak dapat mengntrol dan mengoreksi bila ada kesalahan.
  • Melihat model undangan. Sebelum memutuskan memilih jenis dan model kartu undangan alangkah baiknya kalau melihat beberapa gaya dan model desainya:

Gaya dan Desain Kartu Undangan Pernikahan :

Ada banyak gaya dan model desain kartu undangan yang tersedia,diantaranya adalah: bentuk ukiran, Thermographed, Offset Printed, Kaligrafi, Poil dan Embossed, Buah tangan dan kemasan kotak :

  • Bentuk Ukiran. Undangan bentuk ukiran adalah undangan pernikahan klasik. Umumnya digunakan untuk pernikahan sangat bergaya tradisional. Untuk pernikahan yang sangat formal, undangan terukir adalah yang paling disarankan. Undangan bentuk ukiran harganya sangat mahal dan memakan banyak waktu dalam proses pengerjaanya. Waktu yang terbaik untuk pemesanan bentuk ukiran ini 8 minggu sebelum di waktu disebarkan.
  • Undangan pernikahan thermograped adalah alternative yang terjangkau dari undangan terukir. Termografi menciptakan ilusi mengangkat texs (seperti ukiran) melalui percetakan. Prosesnya dengan cara memanaskan tinta dan kombinasi resin kimia sehingga menyebabkan teks terkesan terangkat dan kertas yang di bawahnya tampak halus. Hasil akhirnya memiliki tampilan yang sangat elegan dan indah. Bentuk undangan ini direkomendasikan untuk pernikahan semi formal. Waktu terbaik untuk rencana pemesanan kartu undangan ini setidaknya enam minggu sebelumnya.
  • Offset Printing. Kebanyakan kartu undangan yang diproduksi adalah hasil cetak offset (dikenal juga litografi). Cetak offset telah menjadi salah satu pilihan yang paling popular di pasaran saat ini. Karena lebih cepat proses pengerjaanya juga lebih hemat biayanya. Kartu undangan dapat diproses secara utuh melalui offset printing atau juga dapat membeli blangko kosong yang sudah jadi dan isi undangan dicetak belakangan.. Undangan dicetak direkomendasikan untuk pernikahan semi-formal dan kasual. Kualitas cetak offset bias sangat bervariasi tergantuk jenis dan kualitas mesinnya. Kualitas undangan hasil cetak tergantung ketajaman warna yang dihasilkan. Di pasaran mesin offset printing pada umumnya ada yang memiliki 4 warna dan 6 warna. Mesin offset printing dikenal : mesin totoko, mesin GTO 54, GTO 62, SM, dll. Waktu yang tepat untuk pemesanan undangan ini sekitar 4-6 minggu sebelumnya.
  • Undangan teks timbul. Undangan ini mirip undangan ukiran, teks undangan timbul ke bagian permukaan. Warnanya bias bervariasi bias warna emas, perak atau warna tembaga. Undangan ini terkesan mengesankan dan tampak elegan. Teknik yang digunakan menggunakan mesin poil dengan cara meletakan matras diatas kertas undangan dilapisi oleh kertas poil lalu dipress. Waktu yang tepat untuk undangan ini adalah 2-3 minggu sebelumnya.
  • Buah Tangan Tangan (Handmade). Undangan pernikahan dengan buah tangan mendapat popularitas akhir-akhir ini. Karena biaya yang lebih efesien juga terdapat sentuhan pribadi yang bagus. Handmade dapat berupa gantungan kunci, gunting kuku, dll. Handmade dapat dipesan ditoko-toko souvenir yang banyak menyediakannya.
  • Undangan Kotak. Undangan pernikahan kotak yang tersedia di pasar pengecer dan memberikan alternative yang cepat dan mudah dibandingkan undangan lainnya. Jadi Mereka bisa dikombinasikan dengan handmade dengan sentuhan unik dan pribadi.

Tulisan aslinya bisa dikunjungi di http://ezinearticles.com

HUBUNGI KAMI

foto

Ibu Retno Yulia Astuti

Hp. 082-1171-63952

Pin BB. 5893F794

WA : 087-8253-72375

Telp. 022-93843687

Email : almadyanutama@gmail.com

MARKETING OFFICE
Jl. Cemara No.56-Sukajadi-Bandung, Jawa Barat
Map
BANK TRANSFER

bca A/n Ibu RETNO YULIA ASTUTI

No. Rek : 848-0132-735

mandiri

A/n Ibu RETNO YULIA ASTUTI

No. Rek : 900-001-531-8406

bni

A/n Ibu RETNO YULIA ASTUTI

No. Rek : 034-1542-729

bri

A/n Ibu RETNO YULIA ASTUTI

No. Rek : 0989-0100-340-8506

Follow Facebook
Follow Google+
YouTube